Monday, April 4, 2016

Tugas analisis perusahaan manajemen stratejik



TUGAS
MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEJIK


DOSEN PEMBIMBING :
Arasy Alimudin, SE., MM., Dr.



BY

  Yuyun Fidiyaningsih                      Manajemen B (01214188)


Fakultas Ekonomi
Prodi Managemen
Universitas Narotama Surabaya
Jl. Arief Rahman Hakim 51 Surabaya
Th. Akademik 2016/2017
Tugas I
PT. HATSON SURYA ELECTRIC ( HARTONO ELEKTRONIKA)



Sejarah Perusahaan
Pertama kali didirikan pada tahun 1978 dengan nama Hartono Elektrik sebagai  toko kecil yang menjual alat-alat listrik dan berlokasi di Jl. Kertajaya 75, Surabaya Indonesia.
Hartono Elektrik yang awalnya menjual peralatan listrik, kemudian berkembang menjadi salah satu pemain besar dalam bisnis Elektronik di Jawa Timur.
Pada tahun 1999, manajemen baru Hartono Elektrik mengubah nama dari Hartono Elektrik menjadi Hartono Elektronika, dan kemudian pada tahun 2014 kata “Elektronika “ dihilangkan dari nama merk, menjadi Hartono.
Hartono dengan tampilan baru “ Your Lifetime Parthner “ .Untuk itu pula Hartono telah menerima sejumlah penghargaan prestisius dari sebagai institusi dan kelompok masyarakat, antara lain Winner of Surabaya Champion Brand Award dari Mark Plus di tahun 2008, penghargaan  Top Brand Award dengan skala nasional yang diberikan oleh Frontier Consulting Group pada tahun 2009 sampai 2015 secara berurutan, dan masih banyak penghargaan lain yang berskala nasional maupun internasional.
Hartono saat ini telah mempunyai 9 outlet yang tersebar dikota Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Malang dan Online Store dengan situs www.hartonoelektronika.com dan mobile application My Hartono.


Visi                   : Menjadi perusahaan retail elektronik terbaik dengan memastikan kepuasan pelanggan.
Misi                  : 1. Menerapkan budaya kerja perusahaan yang bekerja lebih cepat dari yang     diharapkan dengan pencapaian yang lebih tinggi ,dan proses kerja yang lebih baik.
                          2. Memberikan usaha yang baik untuk :
·         Menghadirkan merk terkemuka dengan kualitas produk yang terjamin dan harga yang kompetitif untuk semua pelanggan.
·         Membuat proses bisnis yang terbaik dan mudah agar para staf Hartono bias memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan semua pelanggan Hartono.
·         Menciptakan pengalaman berbelanja yang berbeda, pelayanan yang terfokus pada pelanggan, dan inovasi tiada henti untuk menghasilkan pertumbuhan yang menguntungkan.
Tujuan           :  Dengan tagline baru, Your Lifetime Partner, Hartono berusaha    memberikan yang terbaik bagi pelanggan setia dan para partner. Kesetiaan penuh dan keinginan untuk memberikan yang terbaik kepada semua pelanggannya, menjadi kekuatan utama pengembangan jaringan outlet Hartono.           
Sasaran        : Perusahaan mengembangkan bisnisnya dengan memperbanyak outlet Hartono agar dapat dijangkau oleh manyarakat kalangan menengah, menengah atas maupun masyarakat biasa. Dari segi harga , kualitas dan produk yang berkualitas. Karena barang-barang elektronik sangat dibutuhkan di masyarakat.



Tugas II
ANALISIS SMART PT HATSON SURYA ELECTRIC
Apa itu SMART?
SMART adalah:
S – SpecificSignificant, Stretching, Simple
M – MeasurableMeaningful, Motivational, Manageable
A – AttainableAppropriate, Achievable, Adjustable, Ambitious, Aligned, Action-focused
R – RelevantResult-Based, Results-oriented, Resourced, Resonant, Realistic
T – TimelyTime framed, Timed, Time-based,  Time-bound, Time-Specific, Timetabled
1.    SPECIFIC
Kata yang pertama ini menekankan pentingnya menetapkan target yang spesifik.
Di Hartono setiap sales yang bekerja diberikan target masing- masing. Dan setiap bulan sales yang target akan mendapatkan bonus yang lebih banyak.  Target utamanya yaitu barang yang di jual.
2.    MEASURABLE
Kata yang kedua menekankan pentingnya kriteria yang digunakan untuk mengukur besarnya kemajuan yang dibuat dalam mencapai target. Filosofi yang melatar-belakangi poin ini adalah: “Jika target tidak dapat diukur, mustahil untuk mengetahui apakah anda telah membuat kemajuan dalam mencapai tujuan akhirnya”. Mengukur kemajuan akan membantu tim untuk tetap berada dalam jalur yang benar, menepati tenggat waktu, dan merasakan semangat dan euforia ketika memperoleh hasil yang menggembirakan di setiap pencapaian yang membawa mereka lebih dekat kepada tujuan.
Hartono memberikan target berbeda- beda pada sales dan itu sesuai brand masing-masing. Dan cara mengetahuinya yauitu setiap minggu sales mengirim laporan kepada store managernya masing-masing di setiap toko. Dan target atau tidaknya akan terlihat dengan hasil yang di dapat setiap bulan nya.

3.    ATTAINABLE
Kata yang ketiga menekankan bahwa target harus realistis dan dapat dicapai. Target tidak boleh dibuat terlalu mudah (untuk performa standar tim anda), tapi juga tidak boleh terlalu sulit sehingga terasa mustahil untuk dicapai. Target yang ditetapkan akan dapat dicapai jika: anda telah menentukan apa yang paling penting, lalu mampu membayangkan langkah-demi-langkah untuk mewujudkannya. Untuk itu, anda akan mengembangkan perilaku, kemampuan, keahlian, dan kapasitas finansial untuk mencapainya.
Target dapat dicapai dengan menjual barang sebanyak-banyaknya. Dan menjual member juga bisa memenuhi targetnya.
RELEVANT
Kata keempat menekankan pentingnya memilih target yang tepat itu.
Target yang relevan, jika tercapai, akan mendorong tim, departemen, dan organisasi lebih maju. Sebuah target yang mendukung atau selaras dengan target-target lainnya akan dianggap sebagai target yang relevan.
Target di Hartono harus di dasari persaingan yang kuat dikarenakan setiap sales mempunyai target yang sama tingginya. Jadi kesimpulannya target tinggi berarti gaji  yang di perpoleh juga tinggi.
TIMELY
Kata kelima menekankan pentingnya menepatkan target dengan kerangka waktu, yaitu memberikan deadline . Di Hartono target di hitung setiap bulan. Dan di capai setiap bulan. Awal bulan target di m ulai dan akhir bulan target di tutup.







ANALISIS SWOT PERUSAHAAN

1.    STRENGTHS (KEKUATAN)
·         Pengalaman
Hartono berdiri sejak tahun 1978 hingga sekarang berkembang pesat. Dangan menjual produk- produk Brand besar seperti Samsung, Sony, Toshiba, LG,dll yang menpunyai kualitas barang yang bagus dan canggih.
·         Jaringan penjual di konsumen baik
Hartono telah melekat di hati para konsumen dan merupakan perintis usaha Elektronik. Dan  sangat terkenal di wilayah Jawa Timur khususnya di wilayah Surabaya kekuatannya terletak pada penjualannya.
·         Hubungan pelanggan yang erat
Dimata masyarakat Hartono yaitu toko Elektonik yang besar dan menjual barang- barang Elektonik yang lengkap. Pelanggan Hartono loyal serta setia dan pasti susah pindah ke lain hati.
·         Berbagai macam produk dijual
Tidak hanya hubungan pelanggan saja toko Hartono menjual barang- barang elektonik lengakap seperti Audio video, Home Appliance, Gadget, Kulkas, dll. Dan yang pastinya sesuai kebutuhan konsumen.

2.    WEAKNESSES ( KELEMAHAN )
·         Kehilangan pangsa pasar
Perlu kita tahu banyak berdiri toko elektronik di area Surabaya. Dan Hartono harus memperbaiki produk yang dijual, system pelayanan dan  bias memberikan kepuasaaan bagi pelanggannya.
·         Terdapat  asuransi juga yang dijual
Hartono harus menjelaskan tentang asuransi yang dijual kepada setiap konsumen agar konsumen puas akan layanan yang diberikan. Dikarenakan asuransi melekat pada barang yang dijual.

3.    OPPORTUNITY ( KESEMPATAN)
·         Pertumbuhan pasar baru
Hartono sekarang sudah memperbanyak outlet diwilayah Jawa Timur . Dan sudah membuka 9 outlet yaitu di Surabaya, Sidoarjo, Malang dan Jakarta. Hartono juga membuka layanan membeli online. Dengan itu hartono mempunyai kesempatan besar .

4.    THREAT ( ANCAMAN )
·         Pesaing seperti Go Perdana Miami
Banyak buka toko elektronik , Maka Hartono lebih memaksimalkan layanan dan kualitas. Dikeranakan konsumen lebih membandingkan perihal produk, kualitas, service , dan layanannya.
Tugas III
SUMBER DAYA
1.    Berwujud
·         Bangunan ( Toko)
·         Furniture
·         Barang ( unit)
·         Karyawan / Staff
·         Voucher

2.    Tidak Berwujud
·         Layanan / Service
·         Brand
·         Diskon atau promo
·         SOP ( Standart Operasional Prosedur)
KEMAMPUAN KUMPULAN SUMBER DAYA
1.    Memberikan pelayanan yang baik dan ramah
2.    Fasilitas memadai
3.    Mencari tempat usaha yang letaknya strategis
4.    Terdapat promo yang menarik
5.    Manajemen teroganiasir dengan baik sesuai alurnya
KOMPETENSI INTI SUMBER KEUNGGULAN BERSAING
1.    Memiliki tempat yang cukup bersih dan bersaing
2.    Memiliki produk barang berbagai brand
3.    Kualitas barang dan produk yang sangat baik
4.    Pelayanan yang menerapkan 3S (Senyum, Sapa dan Salam)
5.    Memiliki Fasilitas pembelian Online
KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKESINAMBUNGAN
1.    Memiliki toko bangunan yang besar dan bagus
2.    Lokasi tempat yang stategis atau ditengah kota
3.    Memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap konsumen
4.    Memberika promo-promo yang menguntungkan bagi konsumen dan penjual
DAYA SAING
1.    Membuat event-event atau promo yang bekualitas dengan mendatangkan bintang tamu dan diskon-diskon yang menarik konsumen.
2.    Perusahaan lebih memperbanyak outlet di berbagai daerah agar bias menghasilkan laba diatas rata-rata.
3.    Setiap promo di iklankan di Koran dan media masa dengan tujuan konsumen mengetahui barang-barang apa yang sedang mengikuti promo dan akan berkunjung ke toko tersebut.
4.    Menciptakan toko yang bersih , indah dan  nyaman dengan menciptakan konsep yang berbeda dan unik yang beda dengan yang lain.
Tugas IV
ANALISIS VALUE CHAIN
Value Chain
Value chain pada dasarnya adalah konsep yang dikembangkan oleh Michael Porter.
Menurut Porter (dalam McLeod : 2007)  perusahaan akan  meraih  keunggulan kompetitif  dengan   menciptakan rantai  nilai (value chain). Perusahaan   menciptakan   nilai dengan melakukan aktivitas  nilai (value activities). Value chain atau rantai nilai adalah pendekatan sistematik untuk mengembangkan keunggulan kompetitif sebuah perusahaan. Pendekatan ini diciptakan oleh Michael E. Porter yang berisi sekumpulan aktivitas yang membuat dan membangun nilai margin atau nilai tambah.
Aktivitas Pendukung (Support Activity) merupakan kegiatan-kegiatan mendukung aktivitas utama dan memungkinkan aktivitas utama berlangsung sesuai dengan keinginan.
Yang termasuk aktivitas-aktivitas pendukung adalah:
–        Firm Infrastructure (Infrastruktur perusahaan)
–        Human Resource Management ( Manajemen Sumber Daya Manusia)
–        Technology Development (Pengembangan Teknologi)
–        Procurement (Perolehan)

Aktivitas utama adalah semua aktivitas yang menciptakan nilai/kemanfaatan bagi para pelanggan dan menyajikan sesuatu yang bisa menunjukkan keistimewaan organisasi di hadapan pasar. Aktivitas utama ini dipandang sebagai aktivitas yang sangat penting dalam menjalankan bisnis.
Yang termasuk aktivitas utama adalah:
  1. Inbound Logistics (Logistik Utama)
Hal-hal yang berhubungan dengan barang- barang , penerimaan barang dari supplier, stock dan pergudangan. ( Bangunan toko, Unit-uniy yang dijual, Mobil untuk delivery , pelayanan)
2.    Operations (Operasi)
            Merupakan kegiatan penciptaan nilai yang mengubah input menjadi produk akhir. (  Tempat, Telpn/ SMS Hotline, cabang)
  1. Outboud Logistics (Logistik Keluar)
Adalah kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk menyampaikan produk yang telah selesai kepada konsumen, termasuk pergudangan, pemenuhan pesanan, dll. (Teknisi dari Vendor masingp- masing Brand, Garansi ( waranty), )
  1. Marketing and  sales (Pemasaran dan Penjualan)
Hartono menjual barangnya dengan konsumen dating langsung ke toko dan melalui website dan aplikasi My Hartono.


  1. Service (Pelayanan)
Adalah kegiatan-kegiatan yang menjaga dan  meningkatkan nilai dari produk, termasuk customer support, servis perbaikan, dll. Hartono dengan mendatangkan teknisi untuk service barangnya jika mengalami kendala. Memberikan promo dan diskon, Dan memberikan layanan delivery barang yang dibeli.  
  Analisi Value Chain
Kondisi Internal Perusahaan Strategic Advantage Profile (SAP) Strenght
Kondisi Internal Perusahaan Strategic Advantage Profile (SAP) Strenght


Kondisi Internal Perusahaan Strategic Advantage Profile (SAP) Strenght


Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Weakness)
Nilai IFAS


Kondisi Eksternal Perusahaan Enviromental Threat and Oppurtunity Profil (ETOP)
Opportunity


Kuesioner Eksternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Peluang (Opportunity)

Kondisi Eksternal Perusahaan Enviromental Threat and Opportunity Profil (ETOP) Threat


Kuesioner Eksternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Ancaman (Threat)
Nilai Ifas dan Nilai Efas
Diagram SWOT




Matriks SWOT
                                              




Matriks Strategi Umum






Variasi Strategi















Strategi Unit Bisnis



Strategi Unit Bisnis Diferensiasi






Value Chain Diferensiasi







Bisnis Proses Penjualan





Standar Operasi Prosedur (SOP) Penjualan






 Analisa Persaingan Pesaing Utama




 Competitive Advantage







Evaluasi Performance / KPI Program Kerja



No comments:

Post a Comment