TUGAS
MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEJIK
DOSEN PEMBIMBING :
Arasy Alimudin, SE., MM., Dr.
BY
Yuyun Fidiyaningsih Manajemen
B (01214188)
Fakultas Ekonomi
Prodi Managemen
Universitas Narotama Surabaya
Jl. Arief Rahman Hakim 51 Surabaya
Th. Akademik 2016/2017
Tugas I
PT. HATSON SURYA ELECTRIC ( HARTONO ELEKTRONIKA)
Sejarah
Perusahaan
Pertama
kali didirikan pada tahun 1978 dengan nama Hartono Elektrik sebagai toko kecil yang menjual alat-alat listrik dan
berlokasi di Jl. Kertajaya 75, Surabaya Indonesia.
Hartono
Elektrik yang awalnya menjual peralatan listrik, kemudian berkembang menjadi
salah satu pemain besar dalam bisnis Elektronik di Jawa Timur.
Pada
tahun 1999, manajemen baru Hartono Elektrik mengubah nama dari Hartono Elektrik
menjadi Hartono Elektronika, dan kemudian pada tahun 2014 kata “Elektronika “
dihilangkan dari nama merk, menjadi Hartono.
Hartono
dengan tampilan baru “ Your Lifetime Parthner “ .Untuk itu pula Hartono telah
menerima sejumlah penghargaan prestisius dari sebagai institusi dan kelompok
masyarakat, antara lain Winner of
Surabaya Champion Brand Award dari Mark Plus di tahun 2008,
penghargaan Top Brand Award dengan skala
nasional yang diberikan oleh Frontier Consulting Group pada tahun 2009 sampai
2015 secara berurutan, dan masih banyak penghargaan lain yang berskala nasional
maupun internasional.
Hartono
saat ini telah mempunyai 9 outlet yang tersebar dikota Surabaya, Jakarta,
Sidoarjo, Malang dan Online Store dengan situs www.hartonoelektronika.com dan
mobile application My Hartono.
Visi : Menjadi perusahaan retail
elektronik terbaik dengan memastikan kepuasan pelanggan.
Misi : 1. Menerapkan budaya kerja
perusahaan yang bekerja lebih cepat dari yang diharapkan dengan pencapaian yang lebih
tinggi ,dan proses kerja yang lebih baik.
2. Memberikan usaha yang baik untuk :
·
Menghadirkan merk terkemuka dengan kualitas
produk yang terjamin dan harga yang kompetitif untuk semua pelanggan.
·
Membuat proses bisnis yang terbaik dan mudah
agar para staf Hartono bias memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan semua
pelanggan Hartono.
·
Menciptakan pengalaman berbelanja yang
berbeda, pelayanan yang terfokus pada pelanggan, dan inovasi tiada henti untuk
menghasilkan pertumbuhan yang menguntungkan.
Tujuan :
Dengan tagline baru, Your Lifetime Partner, Hartono berusaha memberikan yang terbaik bagi pelanggan
setia dan para partner. Kesetiaan penuh dan keinginan untuk memberikan yang
terbaik kepada semua pelanggannya, menjadi kekuatan utama pengembangan jaringan
outlet Hartono.
Sasaran : Perusahaan mengembangkan
bisnisnya dengan memperbanyak outlet Hartono agar dapat dijangkau oleh
manyarakat kalangan menengah, menengah atas maupun masyarakat biasa. Dari segi
harga , kualitas dan produk yang berkualitas. Karena barang-barang elektronik
sangat dibutuhkan di masyarakat.
Tugas II
ANALISIS
SMART PT HATSON SURYA ELECTRIC
Apa itu SMART?
SMART adalah:
S – Specific – Significant, Stretching, Simple
M – Measurable – Meaningful, Motivational, Manageable
A – Attainable – Appropriate, Achievable, Adjustable, Ambitious,
Aligned, Action-focused
R – Relevant – Result-Based, Results-oriented, Resourced, Resonant,
Realistic
T – Timely – Time framed, Timed, Time-based, Time-bound,
Time-Specific, Timetabled
1. SPECIFIC
Kata yang
pertama ini menekankan pentingnya menetapkan target yang spesifik.
Di Hartono setiap sales yang bekerja
diberikan target masing- masing. Dan setiap bulan sales yang target akan
mendapatkan bonus yang lebih banyak.
Target utamanya yaitu barang yang di jual.
2. MEASURABLE
Kata yang kedua
menekankan pentingnya kriteria yang digunakan untuk mengukur besarnya kemajuan
yang dibuat dalam mencapai target. Filosofi yang melatar-belakangi poin ini
adalah: “Jika target tidak dapat diukur, mustahil untuk mengetahui apakah
anda telah membuat kemajuan dalam mencapai tujuan akhirnya”. Mengukur
kemajuan akan membantu tim untuk tetap berada dalam jalur yang benar, menepati
tenggat waktu, dan merasakan semangat dan euforia ketika memperoleh hasil yang
menggembirakan di setiap pencapaian yang membawa mereka lebih dekat kepada
tujuan.
Hartono memberikan target berbeda-
beda pada sales dan itu sesuai brand masing-masing. Dan cara mengetahuinya
yauitu setiap minggu sales mengirim laporan kepada store managernya masing-masing
di setiap toko. Dan target atau tidaknya akan terlihat dengan hasil yang di
dapat setiap bulan nya.
3. ATTAINABLE
Kata yang
ketiga menekankan bahwa target harus realistis dan dapat dicapai. Target tidak
boleh dibuat terlalu mudah (untuk performa standar tim anda), tapi juga tidak
boleh terlalu sulit sehingga terasa mustahil untuk dicapai. Target yang
ditetapkan akan dapat dicapai jika: anda telah menentukan apa yang paling
penting, lalu mampu membayangkan langkah-demi-langkah untuk mewujudkannya. Untuk
itu, anda akan mengembangkan perilaku, kemampuan, keahlian, dan kapasitas
finansial untuk mencapainya.
Target dapat dicapai dengan menjual
barang sebanyak-banyaknya. Dan menjual member juga bisa memenuhi targetnya.
RELEVANT
Kata keempat
menekankan pentingnya memilih target yang tepat itu.
Target yang relevan, jika tercapai,
akan mendorong tim, departemen, dan organisasi lebih maju. Sebuah target yang
mendukung atau selaras dengan target-target lainnya akan dianggap sebagai
target yang relevan.
Target di Hartono harus di dasari
persaingan yang kuat dikarenakan setiap sales mempunyai target yang sama
tingginya. Jadi kesimpulannya target tinggi berarti gaji yang di perpoleh juga tinggi.
TIMELY
Kata kelima
menekankan pentingnya menepatkan target dengan kerangka waktu, yaitu memberikan
deadline . Di Hartono target di hitung setiap bulan. Dan di capai setiap
bulan. Awal bulan target di m ulai dan akhir bulan target di tutup.
ANALISIS SWOT PERUSAHAAN
1.
STRENGTHS (KEKUATAN)
·
Pengalaman
Hartono berdiri sejak tahun 1978 hingga
sekarang berkembang pesat. Dangan menjual produk- produk Brand besar seperti
Samsung, Sony, Toshiba, LG,dll yang menpunyai kualitas barang yang bagus dan
canggih.
·
Jaringan penjual di konsumen baik
Hartono telah melekat di hati para konsumen
dan merupakan perintis usaha Elektronik. Dan
sangat terkenal di wilayah Jawa Timur khususnya di wilayah Surabaya
kekuatannya terletak pada penjualannya.
·
Hubungan pelanggan yang erat
Dimata masyarakat Hartono yaitu toko
Elektonik yang besar dan menjual barang- barang Elektonik yang lengkap.
Pelanggan Hartono loyal serta setia dan pasti susah pindah ke lain hati.
·
Berbagai macam produk dijual
Tidak hanya hubungan pelanggan saja toko
Hartono menjual barang- barang elektonik lengakap seperti Audio video, Home
Appliance, Gadget, Kulkas, dll. Dan yang pastinya sesuai kebutuhan konsumen.
2.
WEAKNESSES ( KELEMAHAN )
·
Kehilangan pangsa pasar
Perlu kita tahu banyak berdiri toko
elektronik di area Surabaya. Dan Hartono harus memperbaiki produk yang dijual,
system pelayanan dan bias memberikan
kepuasaaan bagi pelanggannya.
·
Terdapat
asuransi juga yang dijual
Hartono harus menjelaskan tentang asuransi
yang dijual kepada setiap konsumen agar konsumen puas akan layanan yang
diberikan. Dikarenakan asuransi melekat pada barang yang dijual.
3.
OPPORTUNITY ( KESEMPATAN)
·
Pertumbuhan pasar baru
Hartono sekarang sudah memperbanyak outlet
diwilayah Jawa Timur . Dan sudah membuka 9 outlet yaitu di Surabaya, Sidoarjo,
Malang dan Jakarta. Hartono juga membuka layanan membeli online. Dengan itu
hartono mempunyai kesempatan besar .
4.
THREAT ( ANCAMAN )
·
Pesaing seperti Go Perdana Miami
Banyak buka toko elektronik , Maka Hartono lebih
memaksimalkan layanan dan kualitas. Dikeranakan konsumen lebih membandingkan
perihal produk, kualitas, service , dan layanannya.
Tugas III
SUMBER DAYA
1. Berwujud
·
Bangunan ( Toko)
·
Furniture
·
Barang ( unit)
·
Karyawan / Staff
·
Voucher
2. Tidak
Berwujud
·
Layanan / Service
·
Brand
·
Diskon atau promo
·
SOP ( Standart Operasional Prosedur)
KEMAMPUAN KUMPULAN SUMBER
DAYA
1.
Memberikan pelayanan yang baik dan ramah
2.
Fasilitas memadai
3.
Mencari tempat usaha yang letaknya strategis
4.
Terdapat promo yang menarik
5.
Manajemen teroganiasir dengan baik sesuai
alurnya
KOMPETENSI INTI SUMBER
KEUNGGULAN BERSAING
1.
Memiliki tempat yang cukup bersih dan
bersaing
2.
Memiliki produk barang berbagai brand
3.
Kualitas barang dan produk yang sangat baik
4.
Pelayanan yang menerapkan 3S (Senyum, Sapa
dan Salam)
5.
Memiliki Fasilitas pembelian Online
KEUNGGULAN BERSAING YANG
BERKESINAMBUNGAN
1.
Memiliki toko bangunan yang besar dan bagus
2.
Lokasi tempat yang stategis atau ditengah
kota
3.
Memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap
konsumen
4.
Memberika promo-promo yang menguntungkan bagi
konsumen dan penjual
DAYA SAING
1.
Membuat event-event atau promo yang
bekualitas dengan mendatangkan bintang tamu dan diskon-diskon yang menarik
konsumen.
2.
Perusahaan lebih memperbanyak outlet di
berbagai daerah agar bias menghasilkan laba diatas rata-rata.
3.
Setiap promo di iklankan di Koran dan media
masa dengan tujuan konsumen mengetahui barang-barang apa yang sedang mengikuti
promo dan akan berkunjung ke toko tersebut.
4.
Menciptakan toko yang bersih , indah dan nyaman dengan menciptakan konsep yang berbeda
dan unik yang beda dengan yang lain.
Tugas
IV
ANALISIS VALUE CHAIN
Value
Chain
Value chain pada
dasarnya adalah konsep yang dikembangkan oleh Michael Porter.
Menurut
Porter (dalam McLeod : 2007) perusahaan akan meraih
keunggulan kompetitif dengan menciptakan rantai nilai (value
chain). Perusahaan menciptakan nilai dengan
melakukan aktivitas nilai (value activities). Value chain atau
rantai nilai adalah pendekatan sistematik untuk mengembangkan keunggulan
kompetitif sebuah perusahaan. Pendekatan ini diciptakan oleh Michael E. Porter
yang berisi sekumpulan aktivitas yang membuat dan membangun nilai margin atau
nilai tambah.
Aktivitas Pendukung
(Support Activity) merupakan kegiatan-kegiatan mendukung aktivitas utama
dan memungkinkan aktivitas utama berlangsung sesuai dengan keinginan.
Yang
termasuk aktivitas-aktivitas pendukung adalah:
–
Firm Infrastructure (Infrastruktur perusahaan)
–
Human Resource Management ( Manajemen Sumber Daya Manusia)
–
Technology Development (Pengembangan Teknologi)
–
Procurement (Perolehan)
Aktivitas utama adalah semua aktivitas yang
menciptakan nilai/kemanfaatan bagi para pelanggan dan menyajikan sesuatu yang
bisa menunjukkan keistimewaan organisasi di hadapan pasar. Aktivitas utama ini
dipandang sebagai aktivitas yang sangat penting dalam menjalankan bisnis.
Yang termasuk aktivitas
utama adalah:
- Inbound Logistics (Logistik Utama)
Hal-hal yang berhubungan dengan barang-
barang , penerimaan barang dari supplier, stock dan pergudangan. ( Bangunan
toko, Unit-uniy yang dijual, Mobil untuk delivery , pelayanan)
2. Operations (Operasi)
Merupakan
kegiatan penciptaan nilai yang mengubah input menjadi produk akhir. ( Tempat, Telpn/ SMS Hotline, cabang)
- Outboud Logistics (Logistik Keluar)
Adalah kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan
untuk menyampaikan produk yang telah selesai kepada konsumen, termasuk
pergudangan, pemenuhan pesanan, dll. (Teknisi dari Vendor masingp- masing
Brand, Garansi ( waranty), )
- Marketing and sales (Pemasaran dan Penjualan)
Hartono menjual barangnya dengan konsumen dating langsung ke toko dan
melalui website dan aplikasi My Hartono.
- Service (Pelayanan)
Adalah
kegiatan-kegiatan yang menjaga dan
meningkatkan nilai dari produk, termasuk customer support, servis
perbaikan, dll. Hartono dengan mendatangkan teknisi untuk service barangnya
jika mengalami kendala. Memberikan promo dan diskon, Dan memberikan layanan
delivery barang yang dibeli.
Analisi Value Chain
Kondisi Internal Perusahaan Strategic Advantage Profile (SAP) Strenght
Kondisi Internal Perusahaan Strategic Advantage Profile (SAP) Strenght
Kondisi Internal Perusahaan Strategic Advantage Profile (SAP) Strenght
Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Weakness)
Kondisi Eksternal Perusahaan Enviromental Threat and Oppurtunity Profil (ETOP)
Opportunity
Kuesioner Eksternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Peluang (Opportunity)
Kondisi Eksternal Perusahaan Enviromental Threat and Opportunity Profil (ETOP) Threat
Kuesioner Eksternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Ancaman (Threat)
Matriks Strategi Umum
Variasi Strategi
Strategi Unit Bisnis
Strategi Unit Bisnis Diferensiasi
Value Chain Diferensiasi
Bisnis Proses Penjualan
Standar Operasi Prosedur (SOP) Penjualan
Analisa Persaingan Pesaing Utama
Competitive Advantage
Evaluasi Performance / KPI Program Kerja
No comments:
Post a Comment